Senangnya bisa berlebaran di Ciamis, di rumah nenek setelah sekian tahun tidak mudik.
Acara lebarannya sih biasa saja, saudara-saudara datang ke rumah nenek untuk sungkem jadi bunda ga perlu keliling deh. Sayangnya bunda ga bisa ikutan sholat id :-(
Yang bunda sukai saat berkumpul adalah mendengarkan cerita dari saudara-saudara ada cerita bahagia maupun cerita sedih, dengan cerita mereka membuat bunda untuk mensyukuri segala rahmatNya dan berusaha untuk dapat meringankan beban mereka.
nangkap ikan gurame
Acara silaturahmi cukup sebentar saja, ada yang lebih seru lho yaitu menangkap ikan gurame. Sudah menjadi kebiasaan nenek untuk menjamu cucunya yang datang dari jauh dengan menyajikan masakan yang berasal dari sawah/ladang/kebun/kolam sendiri salah satunya adalah ikan gurame yang berasal dari kolam ikan milik nenek. Ikan guramenya gede banget mungkin beratnya sekitar 3 kg. Yang jago menangkap ikan adalah keponakan bunda namanya Radi, dia tuh pantas jadi si bolang deh kerjaannya bermain di alam seperti manjat pohon, nangkap ikan, nyari belut, dll.
Lihat deh aksi Hamad saat menunggu ikan dibersihkan…
on the rock
Jadi menu makan siang di hari lebaran pertama adalah ikan gurame goreng…hmmm yummy.
Setelah kenyang, kita jalan-jalan ke desa membelikan Hamad truk-trukan tak lupa makan bakso (bawaannya laper mulu nih tinggal di daerah dingin). Ceritanya, Hamad bermain di halaman rumah Radi trus dia melihat ada bangkai truk padahal sudah tinggal body truk loh! koq bisa dia tau itu mainan ya? dan dibawa pulanglah bangkai truk tsb untuk ditunjukkan ke ayah, ayah malu dong anaknya mungutin mainan bekas…apa kata dunia???