Minggu, 01 Agustus 2010

Tadi pagi saya blog walking ke beberapa blog temen saya. Salah satu temen saya ada yang membahas tentang plagiat. Plagiat adalah orang yang suka “mengaku” bahwa karya,pendapat atau hasil penelitiannya adalah ciptaannya. Padahal karya,pendapat dan hasil penelitian tersebut adalah milik orang lain.

Mungkin teman saya itu termasuk salah satu orang yang karyanya dijiplak oleh orang lain. Sebenernya dia pantas untuk marah-marah kepada orang yang mencuri hasil karyanya tersebut. Namun di dunia seperti ini hal itu tak mungkin dihindarin. Apalagi kalo sebuah karyanya itu sangat luar biasa,pasti deh bisa jadi rebutan orang lain.

Terus sebenernya bagaimana seh menyikapinya? Sebenarnya dalam dunia copast meng copast telah ada beberapa aturan. Dimana seseorang jika ingin meng”copy” sebuah karya (misal tulisan blog,biasanya tutorial) bisa dengan mencantumkan sumber tulisan tersebut.

Jadi tanpa minta izin terlebih dahulu kita bisa mencantumkan tulisan yang kita inginkan dengan ikut pula mencantumkan sumber tulisan tersebut. Namun alangkah baiknya juga dengan meminta izin pada si pencipta. Baik itu secara lisan maupun tertulis. Baik sekedar di comment atau memberi pesan khusus kepada si sumber.

Saya sendir juga tidak memungkiri bahwa saya juga seorang plagiat. Khusunya di blog saya yang berbahasa inggris. Namun untuk blog indonesia ini, Insya Allah saya akan mencantumkan sumber informasi tersebut. Dan sebisa mungkin saya membuat kreasi tulisan saya sendiri dari informasi tulisan tersebut. Jadi tidak asal copast dan comot.

Kenapa? Satu hal yang saya rasakan. Kepuasan. Ya saya merasa lebih puas dengan mempunyai kreasi tulisan sendiri. Dan yang paling utam adalah Tidak Mematikan Kemampuan Saya dalam bidang menulis. Dengan lebih sering menulis sendiri hal itu akan mengasah saya dalam berpikir dan tentunya menajamkan cita rasa khas ala saya.

Kalo tulisan kita akhirnya di copast gimana? Berbahagialah karena itu adalah salah satu jalan menuju sukses dan terkenal. Kenapa? karena dengan orang mengcopast tulisan kita dan tentunya memberikan sumber itu kita maka kita akan lebih terkenal karena tulisan kita banyak disukai orang lain. Dan orang lain pun ikut mengenalkan blog kita.

Gak perlu malu untuk mencantumkan sumber tulisan anda jika anda mencopast. Kenapa? Karena anda akan mendapat visitor tambahan tak terduga dari si sumber. Dari mana? dari trackback di comment si sumber. Saya sendiri paling gak sehari ada 2 visitor dari sebuah trackback sumber yang mampir ke blog saya.

So,copast itu bisa “menguntungkan” asal sesuai dengan aturan diatas. Cantumkan sumber. Namun bila ingin menunjukkan diri anda. Betapa luar biasanya anda. Jadilah diri anda sendiri. Dan jadilah orang yang gentle dengan berani menulis dan berani mengakui. Salam ngeblog.

0 komentar:

Posting Komentar